Selasa, 22 Juli 2014

Prospek Bisnis Jasa Design Interior


Pembangunan perumahan dan gedung-gedung perkantoran di Indonesia, terutama di kota-kota besar memberikan andil besar bagi pertumbuhan bisnis properti. Skala Pemetaaannya terletak adanya korelasi kuat antara kuantitas penduduk yang terus melonjak dan meningkatnya tingkat pendapatan masyarakat; karena aktivitas bisnis yang menggeliat. 

Tak ayal, formula di atas merupakan biang penyebab melonjaknya permintaan akan kebutuhan rumah dan perlunya pembangunan gedung perkantoran sebagai pusat transaksi bisnis serta gedung-gedung bisnis tempat bertemunya penjual dan pembeli. Sinyalemen ini menandakan bahwa bisnis properti akan selalu menjadi sumber rujukan utama, yang pastinya akan beriringan dengan berkembangnya bisnis design interior. 

Design Interior

Aspek penting yang perlu dikaji dalam berbisnis design interior adalah bagaimana keinginan klien bisa terpenuhi, artinya keseluruhan konsep klien mampu diwujudkan dalam bentuk design gambar. Oleh sebab itu, untuk memenuhi hajat klien, teknik wawancara dan mendengarkan penjabaran klien merupakan langkah rasional yang perlu dilakukan. Yang nantinya bahasa verbal dari sang klien menjadi modal untuk mengilustrasikan bentuk gambar yang akan dibuat.

Ditunjang penggunaan media khusus design, seperti, media 3D atau media-media lainnya. Agar kehadiran design gambar yang mendukung tersebut nantinya bisa dijadikan rujukan dalam bentuk nyata. Klien seolah dibawa dalam bentuk aslinya. Dan proses ini menuntut inovasi dan kreativitas designer sendiri. 

Soal pemilihan tema dan gaya, banyak pilihan yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan klien. Kita bisa menyodorkan corak tema tersebut. Walaupun pilihan final ada di benak klien, masukan dan ulasan tema dan gaya design baik itu yang klasik, tradisional, modern, dan lainnya merupakan upaya cerdas dan profesional dalam menjalankan bisnis design interior ini. 

Pengembangan bisnis design interior ini ternyata merambah juga pada peluang bisnis penyediaan isi keperluan perabot. Yang pada prakteknya akan selalu disesuaikan dengan spesifikasi karakter ruangan. Mahal tidaknya isi perabot tergantung permintaan dan anggaran budget sang klien. Makin bagus kualitas perabot, makin mahal juga anggran yang perlu dialokasikan oleh sang klien. 

Membludaknya Proyek

Tak ubahnya bisnis jasa lainnya, bisnis ini pun memiliki masa-masa membludaknya orderan pengerjaan proyek, biasanya terjadi di momen-momen spesial seperti lebaran, imlek, dan natal. Selain bulan-bulan itu permintaan jasa design interior bergerak fluktuatif, tergantung permintaan klien dan relasi bisnis yang telah terjalin, baik itu antara pihak pengembang properti, institusi perkantoran, dan perorangan. Maka tak heran bisnis design interior ini bisa mencapai omzet pendapatan puluhan atau ratusan juta hingga milyaran, tergantung jenis dan kondisi proyek yang dikerjakan. (diolah dari berbagi sumber)

sumber gambar: www.teropongbisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar