Rabu, 09 Juli 2014

Peluang Bisnis Event Organizer Di Bulan Ramadhan


Puasa di bulan suci Ramadhan telah dijalani umat muslim dengan berbagi macam sudut pandang. Diantaranya, pertama, puasa hanya melingkupi pengertian syarat-syarat syar’i; sebatas menjalankan kewajiban saja, tanpa menyelami substansinya. Kedua, puasa tidak hanya sebatas praktek normatif menjalankan syarat-syarat syar’i saja, tapi telah menapaki pengertian hakiki berpuasa itu sendiri. 

Kondisi yang mereka rasakan ini biarlah kita serahkan ke masing-masing orang yang menjalani, intinya bulan Ramadhan selalu memiliki beragam fenomena. Dan toh, masing-masing orang pun punya batasan tersendiri. Tanpa perlu ribut saling menyalahkan dan merasa benar, karena yang tahu ‘aku berpuasa’ hanya “aku dan Rabbku”.  

Makna Spesial Ramadhan

Atmosfir yang ditimbulkan oleh bulan Ramadhan yang telah terformulasi dalam dokrin ajaran agama menjelaskan bahwa, Ramadhan adalah bulannya umat islam, yang fadilah-fadilahnya begitu berarti dalam kehidupan manusia. Istilah obral pahala dan ampunan Tuhan setidaknya merupakan gambaran utama di bulan ini. Sehingga, umat islam berlomba-lomba mengisi bulan ini dengan berbagai event yang penuh kebajikan dan nilai pahala.

Penceramah dan Bisnis EO

Event Ramadhan yang sifatnya kondisional ini – satu bulan setahun sekali – selalu memberikan makna spesial. Jangan heran beragam event spesial pun di bulan ini bertebaran dimana-mana; menembus semua aspek kehidupan baik itu yang berskala kecil maupun besar. 

Salah satunya adalah menjamurnya penceramah atau ustad-ustad yang tampil di layar kaca televisi, di sudut-sudut masjid, madrasah pengajian, dan lainnya. Dimana cermin ustad memperoleh tempat tersendiri di bulan suci Ramadhan, yang pada akhirnya aspek bisnis jasa penceramah akan semakin diminati jamaah. Yang salah satu bentuk bisnisnya terkonsep melalui penyelengaraan event religi dengan mendatangkan para penceramah di tengah-tengah khalayak ramai. 

Kriteria Dalam Menggaet Sponsor

Kriteria utamanya adalah kemashuran penceramah yang merupakan tolak ukur bagi kalangan EO untuk menggaet sponsor, karena yang jelas pihak sponsor sendiri akan mempertimbangkan sisi kemashuran sang penceramah atau ustad. Konsekwensi logisnya, makin mashur dan diminatinya seorang ustad di masyarakat. Maka, efeknya bisa menjadi peluang bagi sponsor untuk mendongkrak produknya sama mashurnya di masyarakat. Lalu, konsep-jitu pun merupakan tolak ukur berikutnya setiap penyelenggaraan event. Pastinya kriteria ini menjadi bahan pertimbangan pihak sponsor untuk menggelontorkan dananya.

Melalui kemasan sang EO jangan heran ustad atau penceramah di bulan Ramadhan kemashuran namanya dan ulasan-ulasan ceramahnya mampu mempengaruhi cara berfikir dan bertindak  masyarakat, tentunya selain omset pendapatan dari hasil jasa berceramahnya akan meningkat dan pendapatan bertambah di bandingkan bulan-bulan lainnya. 

Bagi pihak EO, jangan sia-siakan kesempatan spesial di bulan ini berlalu tanpa income dan keuntungan. Karena, “aturan berbisnis yang menguntungkan terletak bagaimana kecerdikan memanfaatkan sebuah momen special di bulan ini.”

1 komentar:

Arthur Teknik mengatakan...

Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Bali untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

Salam Blogger min.

Posting Komentar