Jumat, 11 April 2014

Langkah Berbisnis EO


Dalam membangun bisnis jasa event organizer, ada langkah-langkah yang harus dibangun dan dipelihara, agar setiap langkah yang dilakukan dan dilaksanakan memancarkan kesuksesan dan penilaian positif. Karena Berbisnis EO melibatkan banyak persyaratan dengan berbagai macam-macam EO yang harus dipenuhi dan dijalankan; satu sama lainnya memiliki kriteria dan pengalaman tersendiri.

Adapun salah satu kunci atau alasan EO sukses diantaranya:

TEAM
EO selalu melibatkan banyak orang, disinilah letak kekompakan pelaksanaan menjalankan konsep EO. Sebaik dan serinci apapun konsep yang Anda buat, bila team pelaksananya amburadul, jaminan pelaksanaan konsep EO berantakan. Maka, diperlukan team yang solid yang mampu menjalankan konsep tersebut dalam satu rangkaian harmonis yang mengerti bagiannya masing-masing, dan saling mengisi satu sama lainnya.

Team yang kompak adalah biang EO berjalan lancar dan menimbulkan kesan positif.

LANGKAH KERJA
Proses mengorganisasi suatu kegiatan acara tertentu perlu langkah kerja yang padu. Disini harus melibatkan keseluruhan team. Untuk menciptakan langkah kerja ini, yakni dengan duduk bersama seluruh anggota team melakukan rapat menumpahkan seluruh ide pemikirannya. Sehingga, keberagaman ide mereka dapat diorganisir dan disusun dalam kerangka kerja yang disepakati, tanpa perlu ada perbedaan lagi.

MODAL
Setiap hal yang berbau bisnis pastinya perlu modal, istilah tak ada logistik (uang) pasti mampus, adalah fakta yang sering menjadi momok tersendiri. Oleh sebab itu Biaya untuk sewa tempat kantor, pengurusan legalisasi perijinan, biaya teknis kantor dll, harus matang-matang Anda pikirkan dan alokasikan. Nah, bila tidak sanggup secara personal, Anda bisa melakukan Sharing modal dengan beberapa orang yang memilki visi dan misi sama membangun dan menjalankan bisnis EO.

RELASI
Perbanyaklah relasi, agar bisnis jasa EO Anda semakin dikenal luas. Karena relasi satu dengan lainnya, adalah sarana marketing. Semakin Anda banyak jaringan relasi yang dipelihara, kemungkinan memperoleh project event dari klien akan terbuka lebar.

Konsep Ide Kreatif dan Inovatif
Pebisnis EO memang banyak tersebar, dan masing-masing pebisnis selalu berupaya membangun karakter bisnis yang dijalankan. Karena karakter yang terbaik dan penanda bisnis tersebut harus memiliki ide yang selalu kreatif dan setiap event yang dijalankan harus penuh dengan inovasi.

Kadang dalam satu jenis event yang dijalankan saja selalu memiliki kesamaan esensial. Tapi, kesamaan itu bila anda mampu mengemasnya secara kreatif dan inovatif, hal yang sama akan memiliki suasana yang berbeda dan unik. Keunikan inilah nilai lebih bisnis EO yang anda jalankan. Sehingga, nantinya EO tersebut akan memberikan kesan yang sulit untuk dilupakan. Dan gabungan konsep yang Anda jalankan, yaitu kreatif, inovatif, unik melebur membentuk karakter konsep bisnis EO yanga anda miliki.

Kerja Keras dan Fokus
Tak ada kata yang bisa membuat segala hal, yang lebih bernilai kuat, selain kerja keras dan fokus. Artinya, ketika menjalankan konsep EO seluruh team harus bekerja keras saling memahami peranannya masing-masing dan harus fokus pada apa yang dikerjakan, tanpa pengaruh situasi dan kondisi apapun. Tapi, terpenting masing-masing personal tiap-tiap devisi EO saling mengisi dan mensupport satu sama lainnya, bila dalam pelaksanaannya ada kendala teknis yang bisa mempengaruhi jalannya EO.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar