Sabtu, 12 April 2014

Hal-Hal Yang Perlu Ditekankan Dalam Bisnis Travel Agent

Bila anda searching di dunia maya (internet) banyak sekali website-website Travel Agent yang menawarkan berbagai macam paket wisata dengan variasi konsep yang masing-masing memiliki spesifikasi dan keunikan tersendiri. Bahkan di dunia nyata terutama kota-kota besar, pusat bisnis dan tempat pariwisata, gedung-gedung mewah ataupun sederhana tersebut dimanfaatkan sebagai kantor, terlepas gedung kantor itu sewa ataupun miliki pribadi perusahaan, dengan modal dari kantong sendiri maupun kemitraan. Fakta ini menegaskan bisnis travel adalah salah satu bisnis yang paling digemari.

Harus Sesuai Konsep Perjanjian Produk

Masing-masing travel agent tersebut pun mengemas konsep produk jasanya dengan harga yang bersaing. Tak jarang persaingan harga, demi mengejar keuntungan dan kuantitas klien, malah mengabaikan kualitas pelayanan dan kenyamanan klien. Sehingga, black name pada bisnis travel anda tersemat di hati klien, yang pastinya kekecewaan dan rasa kesal menghinggapi klien. Semisal, perjanjiannya; Bus yang digunakan ber-AC, tapi malah di lapangan tidak demikian, rute trip yang harusnya mengunjungi tempat tertentu, malah ditinggalkan. Ya, karena mengejar keuntungan lebih. Faktornya karena terlalu silau dengan harga tetangga yang lebih murah dapat memenuhi suatu hal yang berkualitas. Maka, alangkah gilanya bila hal ini terus di pelihara, segera hilangkanlah cara seperti itu. Tetap berprinsip walaupun harga mahal atau standar pasar, bila kualitas kenyamanan klien yang anda prioritaskan, pastinya klien akan terus jatuh hati kepada jasa travel yang anda miliki. Dalam berbisnis jasa, klien adalah hal utama.

Hal inilah yang harus diwaspadai dalam berbisnis travel agent, bukannya malah keuntungan yang diperoleh, tapi malah omelan dan complain dari klien. Mending bila klien tidak ngoceh ke sana-kesini, bila mereka mengoceh kejelekan kualitas pelayanan bisnis jasa travel yang anda jalankan, celakalah yang akan anda dapatkan. Pastikan berbisnis bukan untuk satu hari, dua hari, tapi untuk generasi kita selanjutnya, ya anak keturunan kita.

Pelayanan Crew atau Pemandu Berkualitas di Lapangan

Hal ini menyangkut kepribadian personal crew atau pemandu, jauhi muka murung, masam dan cuek. Sebagai seorang pebisnis atau bergelut dalam jasa pelayanan, buatlah klien senang, ceria dan sumringah dalam setiap moment apapun. Agar harga jasa yang dibayar sebanding dengan kualitas produk jasa dan pelayanan crew atau pemandu. Upamanya, biasanya setiap hal ini menyangkut kegiatan tour mengunjungi objek-objek wisata.   

Selain itu, pengetahuan tentang objek-objek wisata yang dikunjungi pun, sebagai seorang pemandu, harus memiliki wawasan pengetahuan yang luas. Mampu memberikan kepuasan hasrat keingintahuan sang klien. Sehingga, pertanyaan-pertanyaan tentang suatu hal yang dilewati, dilihat, didengar dan dikunjungi klien bisa segera diberikan jawaban, penjelasan dan alasan yang mencerahkan.

On-Time & On-Schedule

Setiap kegiatan apapun yang dijalankan harus on-time dan on-schedule, agar rundown jadwal dan waktu yang telah disusun dan sepakati tepat sesuai prosedur. Jangan sekali-kali mengabaikan masalah ini. Karena terutama bagi Warga Negara suatu Negara tertentu yang sangat menjunjung tinggi arti pentingnya waktu. Hal ini bisa menjadi masalah krusial bagi bisnis travel yang anda jalankan.

Gaulilah Klien Layaknya Saudara

Artinya, layanilah klien anda layaknya saudara dalam suatu keluarga. Walaupun nyata-nyata ada transaksi bisnis yang harus dibayar. Tapi dalam praktek di lapangan bawalah mereka layaknya saudara saling mencintai dan mengasihi.  Agar bisnis yang anda jalankan berkesan di hati mereka. Terutama dalam hal tour wisata. Intensitas kedekatan dan waktunya luas dan terbuka lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar