Sabtu, 26 April 2014

Menjajaki Bisnis Foto Copy


Bagi anda seorang mahasiswa/pelajar, bagi anda seorang pegawai kantoran, bagi anda seorang PNS, dan profesi lainnya yang berhubungan dengan makalah, dokumen dan data-data penting lainnya yang memerlukan penggandaan baik itu untuk kegiatan perkulihan/pembelajaran, dan kegiatan-kegiatan dokumentasi perkantoran. Penggunaan foto copy sangat dibutuhkan dewasa ini. 

Di bangku perkuliahan dan sekolah, biasanya mahasiswa dituntut untuk membuat makalah sebagai bahan ajar atau bahan presentasi materi keilmuan. Sama halnya siswa dan siswi yang duduk dibangku SMP dan SMA, kurikulum pemberajaran yang bertumpu pada keaktifan siswa (student-centered) selalu dituntut untuk mengkaji materi keilmuan tersebut secara mandiri. Barulah seorang dosen dan  guru akan membimbing hasil kajian keilmuan yang mereka teliti atau telusuri. Yang hasil penelitian dan pengkajian keilmuan biasanya dituangkan dalam bentuk tulisan di Microsoft Word atau jenis software lain yang telah di-print out, lalu digandakan untuk diserahkan kepada dosen atau guru untuk ditelaah dan dikaji, dan sisanya dari penggandaan makalah tersebut disebarkan kepada teman-teman lain untuk bahan kajian bersama. 

Sama halnya dalam aktivitas perkantoran, penggandaan dokumen dan data penting lainnya yang berkaitan erat dengan suatu kebijakan publik dan internal suatu perusahaan. Data-data dan dokumen tersebut perlu digandakan, selain untuk data inventarisir dan dokumentasi penting dan untuk keperluan klien dan mitra kerja. Wilayah kantor pastinya tidak jauh akan namanya foto copy.

Sehingga, bisnis foto copy adalah salah satu referensi yang layak untuk diperhitungkan dan direkomendasikan. Karena, prospek bisnis ini masih terbuka lebar, asalkan serius dan fokus menekuninya; bisnis foto copy yang dikatakan recehan ternyata bisa memberikan keuntungan besar. Jangan melihat patokan harga pada umumnya yang diberikan, tapi kalkulasi dari kuantitas jumlah kertas yang di-foto copy. Tinggal kalikan saja, ternyata tidak demikian halnya. 

Bisnis ini bak jamur di musim penghujan terutama di lingkungan kampus, sekolah dan perkantoran. Karena, kriteria di lingkungan ini sangat mendukung, sebagaimana yang telah saya tulis di atas. Namun, tidak menutup kemungkinan lingkungan di luar dari kriteria tersebut tidak bisa berkembang. Asalkan tempat foto copy ramai dan strategis, dengan harga yang murah dan hasil foto copy yang baik. Konsumen tak akan sungkan pergi menggunakan jasa foto copy anda.

Memang, semakin ramai dan prospek satu tempat untuk berbisnis, kompetitir akan banyak dan harga pun akan semakin bersaing. Upamanya di lingkungan Kampus daerah Ciputat, sebagaimana saya pernah tinggal. Di wilayah tersebut terdapat satu Universitas Islam dan beberapa sekolah baik itu negeri dan swasta, deretan ruko-ruko bisnis foto copy berjejeran di sempanjang jalan raya dan gang-gang sempit lalu lalang mahasiswa. Semakin jauh dari wilayah kampus atau sekolahan, harga akan semakin mahal, sebaliknya semakin dekat dengan kampus dan sekolah harga akan semakin murah. Untuk harga perlembar di wilayah dekat kampus, biasanya dipatok antara Rp. 100,- hingga Rp. 150,- rupiah perlembar. Sedangkan untuk penjilidan antara Rp. 1500,- hingga Rp. 2000,- dan jasa print out tulisan ukuran kertas (A4, Kuarto, Legal) dipatok harga Rp. 500,- hingga Rp. 1000,- perlembar. Nah, tinggal kalkulasikan saja kuantitas yang difoto copy dan diprint out, pastinya hasil keuntungan akan menjejali kantong anda. Patokan standar harga ini akan berbeda dengan wilayah lainnya. oleh sebab itu, sebelum terjun menjejaki bisnis ini perlu dilakukan research untuk memastikan standart harga di suatu tempat, banyaknya kompetitor sejenis dan seberapa banyak keperluan menggunakan jasa foto copy konsumen dalam sehari, terakhir identifikasi tempat foto copy mana yang ramai pengunjung dan pelajari keunggulan-keunggulannya. Sehingga, kelak anda berbisnis jasa foto copy ini ada strategi dan langkah-langkah yang harus dijalankan.

kompetitor-kompetitor sejenis pun sama halnya berupaya menjaring konsumen, tapi hal itu bukan suatu halangan, memang wajar istilah ‘ada gula pasti ada semut’. Yang perlu anda bedakan dari jasa foto copy lainnya, adalah jaminan pelayanan pada konsumen termasuk internal manusianya dan tempat yang nyaman, serta hasil foto copy dan print out yang baik; tanpa sedikitpun ada cacat. Nilai plus ini harus anda bangun dan tanam, karena dalam berbisnis jasa; kualitas pelayanan adalah hasil terbaik memperoleh keuntungan berlimpah. Oleh sebab itu, dukungan alat foto copy dan alat print yang anda miliki harus sebaik mungkin. Karena alat ini adalah modal untuk mencapai hasil terbaik kepada konsumen. 

Untuk meningkatkan pemasukan bisnis foto copy anda, sediakan juga penjualan alat tulis kantor (ATK) di ruko atau work shop anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar