Minggu, 13 April 2014

Prospek Bisnis Laundry



Terkadang rasa malas menerjang ketika hendak mencuci pakaian, celana, sepatu, tas dll yang bertumpuk kotor di sudut kamar mandi. Hal ini bisa menjadi masalah kesehatan bila terus dibiarkan berlarut-larut, terutama bagi mereka yang tinggal beramai-ramai. Cibiran jorok, kotor dan tak perduli kebersihan serentak akan keluar dari teman-teman satu rumah tersebut, yang nyata-nyata salah satu dari teman satu rumah lebih memperhatikan masalah kebersihan. Bahkan cibiran jorok tak sungkan-sungkan keluar dari mulut tetangga terdekat sekitar lingkungan tempat tinggal.

Malas mencuci adalah masalah klasik yang menghinggapi para pemuda dan pemudi. Kadang pakaian kotor itu malah sembarangan tergeletak di sudut-sudut ruangan yang tak sepantasnya. Memang mereka hidup jauh merantau menuntut ilmu atau bekerja di kota-kota besar dan pusat pendidikan. Bila ini terus dilakukan, bisa bermasalah bagi rutinitas kesehatan.

Bagi mereka yang uang sakunya tidak banyak dan pekerja yang gajihnya saban bulan pas-pasan, mencuci ibarat mengangkat beban kiloan, layaknya lifter-lifter dunia. Namun, bagi pelajar yang kebutuhan uang sakunya banyak dan bagi pekerja yang penghasilannya lebih dan mencukupi, biasanya malas mencuci telah mereka dilimpahkan pada jasa laundry. Inilah solusi mereka yang malas mencuci.

Atau mereka yang sibuk dan padat dengan segudang aktivitas baik itu di kampus, atau di tempat kerja. Laundry menjadi jasa favorite mengurusi keperluan pakaian, celana, tas, sepatu, seprai dll yang kotor tersebut menjadi bersih kembali seperti sedia kala.

Sehingga, bagi anda yang tinggal di pusat kota dan area industrialisasi, bisnis laundry adalah peluang bisnis jasa yang sangat terbuka lebar. Karena melihat dua faktor di atas, yaitu faktor internal psikologi: malas mencuci, dan faktor eksternal: sibuk dengan rutinitas sehari-hari baik itu karena sibuk kerja, atapun sibuk berkutat dalam kehidupan kampung/sekolah. Namun, faktor sibuk menjadi alasan kuat kenapa jasa laundry di kota-kota besar, pusat industrialisasi, dan pusat pendidikan semakin diminati.

Oleh karena itu, bagi anda yang hendak membuka bisnis laundry. Maka, ada persyaratan yang harus anda fahami dan renungkan. Agar, persyaratan ini menjadi tolak ukur dalam memulai bisnis laundry. Apa persyaratan berbisnis laundry?

1.   Peralatan Laundry

a.   Sediakan mesin cuci, minimal dua buah mesin cuci yang harus anda persiapkan.
b.   Setrika listrik.
c.   Keranjang pakaian untuk pakaian yang sudah bersih disetrika.
d.   Ember besar untuk menyimpan pakaian kotor dari konsumen.
e. Plastik pakaian dan sekaligus alat untuk mengepak pakaian yang sudah bersih.
f.    Pewangi pakaian.
g.   Hanger, alat untuk menggantung pakaian ketika menjemurnya.
h.   Nota, untuk bukti pembayaran dan pengambilan pakaian.
i.     Alat instalasi listrik yang mendukung, seperti rol panjang.
j.    Estalase penyimpan pakaian.
k.   Alat timbangan pakaian, jika perhitungannya secara kiloan.

2.   Tempat Menjemur Pakaian Yang Mendukung

a. Harus memiliki ruangan khusus untuk menjemur pakaian selepas dicuci oleh mesin cuci, walaupun ruangan kecil. Agar siklus orderan pakaian yang harus diselesaikan mencuci segera lekas selesai sesuai dengan perjanjian waktu pengambilan.
b.   Jangan sembarangan menjemur pakaian, karena rawan hilang, entah dicuri atau hilang terhempas angin.
c.   Tempat menjemur pakaian harus aman dan mudah dijangkau, tidak terlalu jauh.
d.  Jangan sekali-kali menjemur pakaian di atap genteng rumah. Tidak layak untuk profesionalisme bisnis anda di mata konsumen.

3.   Lokasi Tempat Laundry Yang Strategis

a.    Di lingkungan Kampus.
b.    Di Lingkungan perumahan elite.
c.    Di areal kos-kosan pekerja pabrik atau perusahaan tertentu.
d.    Di areal kos-kosan elite.
e.  Tempat kegiatan bisnis laundry harus mudah dikenal orang-orang yang berseliweran lewat akses utama.
f. Tampilkan design menonjol dan khas, bahwa anda sedang menyediakan jasa laundry.

4.   Karyawan

a.    Jika bisnis yang anda kelola masih baru, pekerjakan karyawan sesuai kebutuhan, cukup satu orang terlebih dahulu. Bila pelanggan sudah mulai banyak, baru merekrut karyawan kembali.
b.     Pilihlah karyawan yang supel, ramah dan rajin.
c.      Bina hubungan kekeluargaan dengan karyawan.
d.Seringlah berdiskusi dengan karyawan tentang kelebihan dan kekurangan bisnis anda.
e.   Setiap hari kerja, alokasikan waktu untuk mengecek dan mengawasi kinerja bisnis dan karyawan anda.
f. Jangan sungkan-sungkan membantu karyawan, jika kondisi memerlukan bantuan anda.
g.   Rawat dan peliharalah karyawan anda sebaik mungkin, agar loyalitas yang ia dedikasikan menjadi asset berharga bagi kelangsungan bisnis laundry yang anda jalankan.

5.   Marketing/Pemasaran

a.   Buatlah brosur dan pamflet tentang bisnis anda, dan juga cantumkan harganya. Sebarkan di pusat-pusat kampus, perumahan elite, kos-kosan mahasiswa dan pekerja dll.
b.   Pasanglah plang nama laundry anda di kantor.
c.   Berilah corak di depan kantor anda, bahwa anda sedang berbisnis laundry.
d.   Jangan sungkan-sungkan memberi diskon kepada pelanggan anda.
e.   Kenalkan bisnis anda di dunia internet, bisa menggunakan jasa FB, Twitter, Website, Blog, Yahoo Messanger, BB, Whatsapp. Cantumkan alamat lengkap alamat dan no telepon kantor anda.
f. Selalu gunakan nota untuk memantau jumlah pemasukan dari pelanggan dan untuk mengetahui death line selesainya pencucian.
g.   Perkenalkan bisnis anda pada teman, keluarga, tetangga dll.

6.   Pelayanan pada konsumen

Ada dua macam jasa pelayanan dalam bisnis laundry ini, anda bisa melakukannya dengan cara antar-jemput. Artinya, konsumen tinggal menghubungi anda di rumah masing-masing tanpa direpotkan mendatangi tempat laundry anda, dan ini bisa menjadi nilai plus di mata konsumen. Sehingga, jalinan pelanggan akan terbentuk. Namun, bila anda masih kesulitan menggunakan sistem antar-jemput. Kelola lah secara biasa, tanpa antar-jemput. Konsumen tinggal datang ke tempat laundry anda.

Dan pastikan kebersihan dan tepat waktu harus anda penuhi dan berikan.




 


















1 komentar:

aplikasi android mengatakan...

terimakasih telah berbagi informasi wirausaha yang menarik dan bermanfaat...
Aplikasi Kasir Laundry Android Gratis

Posting Komentar