Puasa
di bulan suci Ramadhan telah dijalani umat muslim dengan berbagi macam sudut
pandang. Diantaranya, pertama, puasa hanya melingkupi pengertian syarat-syarat syar’i; sebatas menjalankan kewajiban saja, tanpa menyelami substansinya. Kedua,
puasa tidak hanya sebatas praktek normatif menjalankan syarat-syarat syar’i
saja, tapi telah menapaki pengertian hakiki berpuasa itu sendiri.
Kondisi
yang mereka rasakan ini biarlah kita serahkan ke masing-masing orang yang menjalani,
intinya bulan Ramadhan selalu memiliki beragam fenomena. Dan toh, masing-masing
orang pun punya batasan tersendiri. Tanpa perlu ribut saling menyalahkan dan
merasa benar, karena yang tahu ‘aku berpuasa’ hanya “aku dan Rabbku”.
Makna
Spesial Ramadhan
Atmosfir
yang ditimbulkan oleh bulan Ramadhan yang telah terformulasi dalam dokrin
ajaran agama menjelaskan bahwa, Ramadhan adalah bulannya umat islam, yang
fadilah-fadilahnya begitu berarti dalam kehidupan manusia. Istilah obral pahala
dan ampunan Tuhan setidaknya merupakan gambaran utama di bulan ini. Sehingga, umat islam berlomba-lomba mengisi
bulan ini dengan berbagai event yang penuh kebajikan dan nilai pahala.
Penceramah
dan Bisnis EO
Event
Ramadhan yang sifatnya kondisional ini – satu bulan setahun sekali – selalu
memberikan makna spesial. Jangan heran beragam event spesial pun di bulan ini bertebaran
dimana-mana; menembus semua aspek kehidupan baik itu yang berskala kecil maupun
besar.
Salah
satunya adalah menjamurnya penceramah atau ustad-ustad yang tampil di layar
kaca televisi, di sudut-sudut masjid, madrasah pengajian, dan lainnya. Dimana cermin
ustad memperoleh tempat tersendiri di bulan suci Ramadhan, yang pada akhirnya
aspek bisnis jasa penceramah akan semakin diminati jamaah. Yang salah satu bentuk
bisnisnya terkonsep melalui penyelengaraan event religi dengan mendatangkan
para penceramah di tengah-tengah khalayak ramai.
Kriteria
Dalam Menggaet Sponsor
Kriteria
utamanya adalah kemashuran penceramah yang merupakan tolak ukur bagi kalangan EO untuk menggaet sponsor, karena yang jelas pihak sponsor sendiri akan
mempertimbangkan sisi kemashuran sang penceramah atau ustad. Konsekwensi
logisnya, makin mashur dan diminatinya seorang ustad di masyarakat. Maka,
efeknya bisa menjadi peluang bagi sponsor untuk mendongkrak produknya sama
mashurnya di masyarakat. Lalu, konsep-jitu pun merupakan tolak ukur berikutnya setiap
penyelenggaraan event. Pastinya kriteria ini menjadi bahan pertimbangan pihak
sponsor untuk menggelontorkan dananya.
Melalui
kemasan sang EO jangan heran ustad atau penceramah di bulan Ramadhan kemashuran
namanya dan ulasan-ulasan ceramahnya mampu mempengaruhi cara berfikir dan
bertindak masyarakat, tentunya selain
omset pendapatan dari hasil jasa berceramahnya akan meningkat dan pendapatan
bertambah di bandingkan bulan-bulan lainnya.
Bagi
pihak EO, jangan sia-siakan kesempatan spesial di bulan ini berlalu tanpa
income dan keuntungan. Karena, “aturan berbisnis yang menguntungkan terletak
bagaimana kecerdikan memanfaatkan sebuah momen special di bulan ini.”
1 komentar:
Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Bali untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.
Salam Blogger min.
Posting Komentar