Minggu, 20 Juli 2014

Konsep Cemerlang Motor X-Tra Bisnis Jasa Bengkel Motor Hj. Rubiyah Sardjono



Siapa bilang wanita identik dengan urusan rumah tangga? Pertanyaan ini layak kita gugat. Apalagi berkaca pada kehidupan modern saat ini, dimana suara-suara keras menggemakan emansipasi wanita menjadi alasan posisi wanita seharusnya memiliki kesamaan proporsional dengan pria. Asalkan tidak menyalahi kodrat, ‘emansipasi wanita perlu kita dukung’. 

Dan Hj. Rubiyah Sardjono, lahir pada tanggal 1 Desember 1959, merupakan referensi ‘emansipasi wanita’ yang telah teruji hasilnya. Yang perlu kita acungi jempol adalah ia mampu menggerakkan bisnis bengkel motor yang ia akselerasikan dalam bentuk franchise dengan payung brand bisnis bernama “Motor X-Tra”, hingga saat ini telah berkembang dengan beberapa outlet bengkel yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. 

Mencapai posisi ini bukan perkara mudah, selain mempunyai kewajiban mengurusi harmonisasi kehidupan rumah tangga dengan sang suami dan empat anaknya. Pelan tapi pasti, bisnis bengkel yang ia rintis dari nol, telah bisa dipetik hasilnya. Yang tentunya buah hasil kerja kerasnya akan kembali juga untuk kehidupan keluarga dan masyarakat.

Lika-Liku Perjalanan Bisnis

Sebelum terjun merintis bisnis bengkel motor, awalnya di tahun 1984, tepatnya di kota Surabaya, ia pernah merintis bisnis salon dan jasa rias pengantin yang ia jalani selam 5 tahun. Pernah juga ia merintis bisnis katering selama 3 tahun di Jakarta. Tapi, bisnis katering pun harus ia lepaskan ke orang lain, padahal bisnis kateringnya telah mampu memberikan keuntungan. Tapi karena mengikuti suami, H. Sardjono, yang berlatarbelakang seorang teknisi mesin di perusahaan swasta. Ia harus ikut pindah kembali ke Surabaya mengikuti tugas suami. Selama tinggal di Surabaya, kegemarannya berbisnis tidak surut, justeru ia terus mencari peluang bisnis lain yang dirasa bisa ia kelola tanpa harus stand by di tempat, tapi menghasilkan. Akhirnya ide merintis bisnis bengkel motor muncul, karena dari hasil risetnya bahwa berbisnis bengkel motor tidak menuntut pemiliknya harus terus berada di tempat usaha, dan bisnis bengkel pun cukup berprospek. Setelah diskusi dengan suami, ide bisnis bengkel motornya mendapat sambutan positif dan sang suami mendukungnya. 

AHASS Berdiri

Tahun 1993 di Surabaya, bisnis bengkel motor yang ia beri nama U.D Waru Agung Motor Group berdiri. Yang dari waktu ke waktu bisnisnya mendapat sambutan positif dari konsumen. Perkembangan bisnisnya mengalami grafik melonjak; pasar menerimanya, hingga berekspansi ke bisnis bengkel AHASS. 

Perjalanannya mendapat izin dari Astra Honda Motor mendirikan bengkel AHASS ini bukan perkara gampang; semudah membalik telapak tangan. Ia harus extra keras meyakinkan pihak menajemen Astra Honda Motor. Pada tahun 1999 momen buah kerja keras dan kesabarannya akhirnya terkabul. Bengkel AHASS yang ia idam-idamkan memperoleh izin dari pihak Astra Honda Motor, tapi rintangan malah semakin menghadang. Pihak Astra Honda Motor menempatkan bisnis bengkelnya di lokasi yang tidak strategis, ditambah permasalah modal besar yang harus ia gelontorkan untuk membangun bisnis bengkel AHASS ini. Tapi, berkat keuletan dan kerja kerasnya, sebagaimana pertama kali meyakinkan pihak Astra Honda Motor, bahwa bengkel yang ia bangun pasti akan ramai dan berbeda dari lainnya mampu ia realisasikan. Bisnis bengkelnya ramai konsumen, dari awalnya satu bengkel, terus berekspansi menjadi dua, dan kemudian tiga bengkel. Prestasinya ini menjadi penyebab bengkelnya diganjar: “bengkel AHASS yang paling the best di wilayah bagian timur Indonesia dan merupakan sumber referensi standar pengembangan bengkel AHASS di wilayah bagian timur ini.” 

Motor X-Tra Berdiri

Keberhasilannya ini tidak lantas membuatnya puas, insting mengembangkan bisnis terus ia lakukan, hingga konsep “Motor X-Tra” yang merupakan bentuk dari servis bengkel yang memiliki format berlandaskan: one stop servis.
 
Letak keistimewaannya ‘one stop servis’ adalah kombinasi antara pelayanan jasa bengkel, mencuci motor, salon motor dan berbagi macam kebutuhan yang berhubungan dengan motor. Sehingga, setiap konsumen datang dan menggunakan jasa bengkelnya keperluan motor konsumen akan tuntas diservis dengan baik. 

Setahun setelah konsep ide cemerlangnya ini dijalankan, bisnis bengkel motornya tancap gas berekspansi hingga menjangkau 6 cabang dengan omset pendapat yang luar biasa besar. (diolah berbagai sumber bacaan).

Perjalanan suksesnya untuk lebih jelas bisa kita telaah di alamat web:
(http://www.majalahwk.com/artikel-artikel/info-usaha/200-edisi-majalah.html) 
(http://bisnisukm.com/profil-wanita-dibalik-kesuksesan-bengkel-motor-x-tra.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar