Jumat, 18 Juli 2014

Bisnis Studio Foto


Ketika berselancar di dunia maya, terutama di jejaring sosial semacam FB dan Twitter, anda akan menemukan banyak foto-foto dokumentasi pribadi yang sengaja di-tag. Tindakan ini bukan tanpa alasan, tapi sebagai bukti bahwa foto-foto dokumentasi tersebut menjelaskan pengalaman tertentu sang pemilik foto, atau bahkan sebagai ajang pamer personality saja, sehingga teman-teman dalam jaringan perteman bisa mengetahuinya. 

Mencermati aksi semacam ini, beragam respon positif dan negatif akan berseliweran. Yang pada intinya proses mendokumentasikan aktivitas semacam itu merupakan tindakan yang patut diapresiasi, mengapa? Karena dokumen foto bisa menjadi bukti sejarah yang suatu waktu nantinya memiliki nilai historis yang sangat berharga. Dan di sisi lain, ada juga yang menyebutnya bagian dari sebuah hobi yang perlu disalurkan.

Namun, bila anda mau menangkap peluang bisnis foto, banyak segmen bisnis jasa yang bisa dikembangkan. Salah satunya adalah mendirikan bisnis jasa studio foto. Dengan bermodal kamera dan kemampuan teknis membidik kamera pada objek tujuan. Anda sudah memiliki modal awal layak mendirikan studio foto.

Berikutnya, pemilihan tempat untuk kantor yang strategis memang suatu keharusan. Selain itu, usahakan kantor tempat mendirikan bisnis studio ini memiliki lintasan trafik pengunjung yang potensial, dan bisa mengakomodir segala keperluan bisnis ini, diantaranya ketersediaan ruangan tempat meletakkan berbagai macam alat-alat kerja, adanya ruang khusus untuk season pemotretan konsumen dan tempat pemajangan bukti material contoh-contoh foto. Untuk lebih meningkatkan daya taring konsumen, design kantor studio foto sesuaikan juga dengan spesifikasi menonjol tema yang akan diusung, agar kesan konsumen terhadap studio foto itu secara global bisa terwakili, tanpa memerlukan penjelasan langsung dari pemilik studio. 

Diantara potensi produk-produk bisnis studio foto ini ialah:

·      Pre Wedding
·      Wedding
·      Foto Dokumentasi
·      Videography
·      Personal Foto 
·      Model
·      Graduation

Potensi produk di atas ditunjang juga dengan keahlian program khusus komputer yaitu faham program editing gambar; misal Adobe Photoshop, dan keahlian teknis pengoperasian kamera dan hal-hal yang menyangkut ketepatan membidik objek dalam mencari angel.

Menyangkut respon masyarakat, bisnis studio foto ini diperkotaan besar atau dipemukiman yang padat penduduk masih menjanjikan. Terpenting bagaimana anda pengelolaan manajemen bisnis yang baik dan memberikan pelayanan memuaskan, jaminan bisnis studio ini akan semakin diminati.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar