Kamis, 20 Maret 2014

Arti Jasa Penerjemah Bahasa


Interaksi budaya antara manusia telah mencakup ruang intim  tanpa lagi tersekat oleh jarak dan waktu, hal ini karena semakin populernya media internet yang menawarkan connection-sosial dalam bentuk akun-akun tertentu, semisal FB, twitter, Google + dan lainnya. Bahkan, dalam aktivitas ekonomi telah membentuk jaringan tersendiri yang mau tidak mau persentuhan kebudayaan memberi warna tersendiri. Salah satu unsur penting dari interaksi dan pertemuan kebudayaan ini adalah bahasa. Dimana bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam membentuk hubungan sosial-budaya. Dalam pengertian luas asimilasi dan akulturasi budaya akan tumbuh subur bila bahasa telah mampu memberikan fungsi dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Batas universal kesepakatan bahasa yang merupakan corak hegemonial terletak pada kemajuan sang empunya bahasa. Setiap sektor atau bidang kehidupan lainnya, sang empunya bahasa menguasai dan meletakkan dasar pengaruhnya secara kuat, dan pula ditunjang oleh kemajuan dan kekuatan ekonomi. 

Dialektika hegemoni bahasa selalu mengalami pasang surut yang terus berkelanjutan, selama manusia hidup dalam alam budayanya; alam yang dimana batas kesadaran sebagai suatu bangsa muncul membentuk identitas tersendiri. 

Namun, bagi mereka yang bukan pemilik asli bahasa itu, adalah kendala ekstra keras mengarahkannya pada proses mempelajari. Dan tak jarang masuknya dan penggunaan bahasa asing tersebut mengaliensi identitas bahasa asli, tanpa pernah manusia sadari. Sehingga, istilah linglung budaya semakin sering kita lihat-akhir-akhir ini, karena kebanggaan akan bahasa sendiri sebagai bagian dari budaya hilang tergerus bahasa asing/import.

Sisi lain, Martin Heidegger, seorang eksistensialis, telah menegaskan bahwa language is house of being. Artinya, eksistensi manusia berangkat dari budaya berbahasa, sehingga keberadaannya adalah sebuah identifikasi hakikat manusia yang ada dan mengada. Inilah penegasan pemaknaan budaya dalam eksistensi diri yang membentuk jaring-jaring identitas sebagai suatu bangsa yang berbudaya.

Namun, saya bukan hendak mengupas pengertian bahasa ini dari segi budaya maupun filsafat, saya hanya ingin memberikan pengantar bahwa bahasa merupakan unsur vital dalam interaksi sosial di kehidupan ini. Yang pontensi seseorang memiliki atau menguasai bahasa tertentu sangat penting, terutama mereka yang menguasai dan memahami bahasa yang sedang nge-trand dan populer penggunaannya di seluruh sektor kehidupan. Oleh sebab itu, fenomena bahasa ini membuka lebar peluang bisnis jasa penerjemah baik itu penerjemah lisan maupun tulisan. 

Hampir seluruh sektor kehidupan mulai dari bahasa di internet, ilmu pengetahuan, ekonomi dan lainnya. Bahasa Inggris selalu menjadi terdepan dalam hal penggunaannya. Namun, tidak menutup bahasa-bahasa lainnya, namun tetap dengan catatan sejauh mana bahasa-bahasa tersebut mampu mewarnai sektor-sektor penting tersebut. Upamanya, bahasa Mandarin, setelah akhir-akhir ini Negara asal pemilik bahasa Mandarin, yakni China mengalami fenomena kemajuan dalam bidang ekonomi, yang menjadi salah satu penentu siklus perekonomian dunia. Kemajuan China menjadi alasan negara lainnya, semisal  warga Indonesia mulai mempelajari bahasa ini, karena melihat imbas kemajuan ekonomi China. 

Pentingnya Penerjemah

Komunikasi masyarakat global yang efektif adalah ketika komunikasi tersebut terjalin akrab. Syaratnya bila komunikasi tersebut dalam satu kesatuan bahasa yang dimengerti, walaupun satu-sama lainnya memiliki bahasa berbeda. Biasanya untuk komunikasi global ini, bahasa Inggris selalu menjadi pengantar utama.

Namun, masih banyak – bagi negara yang tidak menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi sehari-hari – yang kurang mengerti dan bisa berbahasa Inggris tersebut. Maka, disinilah letak peluang bagi para penerjemah untuk mendulang fulus. Eksistensi bahasanya akan memberikan nilai-nominal. Terutama, bila aktivitas ekonomi tersebut mencakup wilayah sektor penting yang menyangkut hubungan ekonomi atau kerja sama antar negara. Anda mampu memberikan eksistensi berbahasa dan memancarkan nilai tersendiri dalam komunikasi sebagai penerjemah. Penghargaan pada diri anda terbuka lebar dan luas.

Ekspansi Global

Semua hal membutuhkan pengakuan. Lebih-lebih kuantitas orang yang mengakui keberadaan tersebut mencapai batas maksimal. Kaitanya, dalam sektor bisnis upamanya, bisnis anda bisa dikenal seluruh insan di dunia, bila komunikasi pengantar bisnis yang anda jalankan telah mampu bergaul dengan unsur bahasa global; unsur yang menjadi kesepakatan interaksi bisnis. Maka, tak jarang bagi mereka yang menguasai bahasa ini adalah kesempatan dan peluang anda menjadi salah satu penentu dan pemain bisnis. Karena, anda bisa berkomunikasi dengan bahasa kesepakatan ini. Oleh sebab itu, banyak perusahaan-perusaah besar telah mensyaratkan pekerjanya menguasai bahasa penentu komunikasi global, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang dll. Agar ekspansi bisnis yang luas mendatangkan pemasukan perusahaan melimpah dari product-product yang dijual.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar