Geliat musik Indonesia akhir-akhir ini sedang booming. Setelah bermunculan talenta pemusik baru yang meramaikan dunia musik Indonesia,
yang pada umumnya didominasi oleh group-group band dan penyanyi-penyanyi solo. Ditambah juga
semakin semaraknya program lomba menyanyi di TV yang terus-menerus bermunculan
yang tak sedikit melibatkan para penonton baik itu secara live maupun
hanya menyaksikannya di layar TV.
Biasanya, kalangan muda-mudi lah yang memegang kendali dunia musik tersebut.
Mereka yang haus akan kesenangan dan ekpresi diri menjadikan musik adalah bagian
penting dari kehidupan. Jargon: “musik adalah jiwaku” kenyataan real pengaruh
musik telah menyelubungi jiwa mereka. Oleh sebab itu, tak sedikit demi memenuhi
hasrat bermusik, studio-studio jasa penyewaan musik adalah tempat yang kondusif
dan tepat menyalurkannya, tak perduli berapun biaya yang harus dikeluarkan.
Tentunya, peluang bisnis jasa penyewaan studio musik merupakan segmen
bisnis tersendiri. Selain segi keuntungan yang dapat dikumpulkan, pastinya ada
beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menjalankan bisnis ini. Agar,
sebelum memutuskan untuk mencobanya,
anda sudah memiliki gambaran global, sehingga kendala-kendalnya dapat diminimalisir.
KONDISI DAN LETAK TEMPAT STUDIO
Memang, hal ini adalah permasalahan klasik ketika membangun bisnis. Faktor
ini masih merupakan primadona. Teringat ungkapan: “posisi menentukan prestasi” bukan
isapan jempol bisnis akan berkembang dan diminati konsumen. Namun, lokasi
strategis bukan jaminan utama. Banyak juga studio musik secara tempat tidak
strategis (misal: di tempat lintasan manusia) tapi karena kenyamanan, keamanan,
layanan yang memuaskan dan parkiran yang luas bisa membuat mereka jatuh cinta,
mereka akan terus setia datang, bahkan tak jarang mereka akan
merekomendasikannya pada yang lain.
SERVICE OPERATOR
Faktor ini harus diperhatikan, karena pelayanan operator yang baik menunjang
atmosfir studio yang baik. Upamanya, operator tidak menampakkan wajah cemberut dan
masa bodoh, terutama ketika konsumen meminta bantuan. Bila hal ini
terus-menerus terjadi akibatnya akan fatal bagi kelangsungan bisnis anda.
Sebagus apapun studio yang anda miliki, cuma karena masalah sepele operator,
bisnis bisa berantakan. Konsumen enggan kembali lagi ke studio yang anda
miliki. Sebaliknya bisa jadi studio yang anda miliki biasa-biasa saja, tapi
pelayanan operator baik dan bersahaja, peluang banyaknya konsumen mengunjungi
studio anda akan terbuka lebar.
PEREDAM STUDIO
YA, faktor ini hal yang wajib anda penuhi ketika mendirikan studio musik. Manfaatnya
untuk meredam suara bising agar tidak keluar ruangan studio. Namun, pemahaman
ini menjadi salah jika hanya hal ini adalah satu-satunya tujuan menggunakan
peredam. Selain untuk mengurangi suara bising dari dalam ke luar dan
sebaliknya, peredam juga berfungsi mengendalikan pantulan suara yang terjadi di
dalam ruang studio. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan konsumen dalam
bermusik karena peredam ruang yang tidak baik akan mempengaruhi karakter suara
instrumen.
STANDAR MEMILIKI PERALATAN STUDIO
Ruang lingkup perlatan studio yang memenuhi strandar harus memiliki
persyaratan tertentu, di antaranya seperti kelengkapan instrument, amplifier,
sound monitor, mixer etc. Tujuan
musisi utama mendatangi studio adalah sebagai ajang latihan permainan mereka
yang bisa dilakukannya secara reguler, ada juga sebagai ajang menyalurkan hobi,
dan ada juga sebagai persiapan sebelum manggung. Maka, alangkah tepatnya
persyaratan standar kelengkapan peralatan studio harus anda perhatikan.
PERAWATAN DAN UMUR ALAT MUSIK
Faktor terakhir ini kadang sering dinafikan. Terutama masalah ke-up to date
alat-alat musik. Tentunya informasi tentang alat musik harus terus anda miliki.
Anda bisa selalu memantaunya di internet atau memperoleh informasinya dari
pemusik-pemusik yang menggunakan jasa studio anda. Walaupun, omset keuntungan
anda bisa terkuras, tapi setidaknya tidak ke level rugi saja, bila itu
menguntungkan dan prospek bagi kelangsungan bisnis anda apa salahnya anda terus
memperhatikan dan memantaunya.
Dan alat yang anda miliki pun harus terus dijaga dan dirawat dengan baik,
setiap ada yang kurang beres atau rusak. Anda harus segera memperbaikinya. Karena,
ketika konsumen menggunakan jasa studio anda pandangan pertama yang mereka
lihat adalah alat-alat yang baik, walaupun lama, selain tentunya alat-alat
tersebut bersih. Inilah yang bisa membuat konsumen jatuh hati untuk selalu
menggunakan studio anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar