Jumat, 02 Mei 2014

Bisnis Pondokan Hewan


Dua bulan lalu saya dipanggil oleh salah satu teman yang tinggal di perumahan elit di daerah Cibubur. Maklum kilahnya ia sudah kangen berjumpa dengan saya, hampir satu tahun saya tidak pernah berkunjung ke rumahnya lagi.

Ada satu yang istimewa dan sumber inspirasi bisnis yang tidak saya terka sebelumnya hendak menuliskannya hari ini. Ya, teman saya ini pecinta hewan peliharaan terutama Anjing. Semua jenis Anjing bila saya tanyakan dengan fasih ia akan memaparkannya. Sedangkan saya sendiri kapanpun melihat anjing takutnya bukan main, apalagi memeliharanya. Tapi, anjing yang dimiliki teman saya ini bukan anjing liar atau anjing galak yang saban hari stand by di rumah-rumah mewah dan rumah-rumah kosong yang sudah semakin lapuk karena lama ditinggal penghuninya. Anjing teman saya yang satu ini penurut, terutama kepada teman saya. 

Ketika saya tiba di depan pintu rumahnya, tiba-tiba anjing itu menggonggong dengan suara naik-turun. Kontan gonggongannya membuat saya takut, untung ada sang tuannya, seketika perintah untuk tidak menggonggong berhenti total. Memang gonggongan ini hanya pertanda ada orang asing atau belum dikenal datang. 

Kejadian ini sering terjadi berulang-ulang ketika saya berkunjung ke rumah teman yang satu ini, sebelum memasuki rumahnya sudah disapa gonggongan anjing. Untung ada sang tuannya, suara memekikkan telinga dan menakutkan itu dapat direda. 

Setelah ngobrol satu jam dirumahnya, ia meminta saya menemaninya pergi ke pet shop tempat penitipan anjing. Kilahnya anjing miliknya ini hendak dititipkan, karena ia harus pergi ke kampung halamannya, bertarung memperebutkan kursi anggota dewan perwakilan rakyat wilayah provinsi. Jadi sementara anjing miliknya harus mondok di jasa penitipan anjing.

Segera saya iyakan ajakannya. Karena alasan: saya pun belum pernah tahu ‘dalam-dalamnya’ tempat jasa penitipan hewan. Mumpung ada yang ngajak, mengapa tidak. 

Setibanya di tempat penitipan anjing, tulisan berwarna cerah merah muda bertuliskan Pet Shop menyolok mata mengalihkan pemandangan yang lain. Tulisan itu lebih menarik untuk dituju. Segera kami memasuki tempat itu sambil seorang wanita keibu-ibuan berparas Cina peranakan menyapa kami, dan dengan senyum ramah mengajak kami semua ke sebuah ruangan yang riuh dengan suara anjing saling menggonggong. Anjing milik teman saya yang ia bawa dengan rantai, seketika dengan sentuhan spesial wanita itu, menurut, mengikuti keinginannya. Lalu mereka berdua pergi ke sebuah ruangan; terlihat jelas dari luar melalui kaca besar dan lebar yang dipasang tepat di belakang punggung kami berdiri adalah tempat kerja wanita itu. Melihat mereka memasuki ruangan itu, dan pastinya sudah saya terka, mereka hendak mengobrol perihal anjing tersebut dan menyelesaikan biaya jasa pembayaran, maka segera saya  menuju front office tempat tamu atau konsumen biasa menunggu.

Saya perhatikan seluruh sudut ruangan itu, namun mata ini lebih tertuju pada lembaran brosur berisi daftar harga jasa penitipan hewan dengan fasilitas-fasilitasnya.

Dari kisah ini, pikiran saya mengembara terus menelisik lebih jauh tentang bisnis jasa penitipan hewan, beserta prosedur-prosedurnya:

***

1
Harus ada tempat khusus bagi hewan yang sedang mondok tersebut. tempat harus nyaman, asri dan bersih, seolah hewan tersebut tinggal layaknya rumah majikannya sendiri. Maka, tempat mondok anjing itu harus rajin dibersihkan. Di tempat ini pula dimana kandang-kandang tempat tinggal dan makanan dan minuman yang diberikan pagi dan sore untuk hewan tersebut harus disusun semenarik mungkin dan sebersih mungkin.

2

Sama halnya pemberian vitamin pada sang hewan selama penitipan adalah posedur yang wajib dilakukan, agar hewan itu terhindar dari penyakit. Oleh sebab itu, jalinlah kerjasama erat dengan dokter hewan adalah keharusan.

3

Selain itu, hewan yang modok, terutama anjing, sediakan pelayanan jasa mandi anti jamur dan kutu, alat pemotong dan merapikan bulu hewan, serta sikat gigi. Peralatan khusus hewan ini adalah upaya menjaga kebersihan dan kesehatan sang hewan dari penyakit. Biasanya hewan akan dimandikan selama dua minggu sekali, tapi ini bukan patokan, jika sang hewan sudah kira-kira bau misalnya seminggu harus dimandikan lagi.

Oleh sebab itu dalam berbisnis ini diperlukan orang-orang yang cinta kepada hewan, dan tahu seluk-beluk hewan yang dititipkan tersebut.

***

4

Biaya jasa penitipan hewan ini memang bervariasi tergantung jenis hewan yang hendak dititipkan dan paket layanannya. Untuk anjing umumnya dipatok harga 70-80 ribu perhari, sedangkan untuk penitipan kucing dan kelinci antara 50 -60 ribu perhari.

Biaya ini meliputi jasa yang diberikan yaitu, tempat mondok sang hewan, mandi hewan, potong kuku, merapikan bulu hewan, makan pagi dan sore, vitamin, pembersihan telinga hewan, jalan-jalan pagi untuk anjing dan biaya kesehatan. 

Info sederhana ini semoga bermanfaat...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar