Selasa, 06 Mei 2014

Bisnis EO & WO Rina Gunawan



Pastinya kita pernah mendengar dan kenal nama Rina Gunawan? Wanita berjilbab ini awalnya terkenal sebagai seorang penyanyi. Kemudian aktivitasnya di jagad hiburan merambah ke dunia presenter acara talk show ‘campur-campur’ dan juga memerankan beberapa sinetron seperti Mat Angin, Pat Pat Gulipat dll. Ya, kepopulerannya sebagai artis ini tidak menghalanginya membangun bisnis jasa EO. Yang dari waktu ke waktu bisnis EO yang dijalani Rina berkembang pesat dengan client kalangan artis dan pejabat di Indonesia. 

Nah, sebenarnya siapa sosok Rina ini dan mengapa harus terjun menekuni dunia EO, sehingga dunia hiburan dan peran yang membesarkan namanya tersebut harus ia tinggalkan?

***

Membicarakan pebisnis EO di Indonesia, sosok Rina memang menyimpan daya tarik untuk menuliskannya. Meskipun masih banyak pebisnis EO di tanah ini yang lebih populer dan berpengalaman dibandingkan dengan bisnis EO Rina sendiri. Namun hal ini bukan persoalan saya, tapi karena saya lebih melihat dari capaian bisnis EO yang telah 10 tahun lebih ia jalankan bisa diterima di kalangan client, terutama kalangan artis dan pejabat di Indonesia. 

***

Nama lengkapnya adalah Rina Mustikana Gumilang Gunawan, dilahirkan di Bandung, pada tanggal 28 Juni 1974, bersuami Teddy Syah yang berprofesi sebagai aktor sinetron. Namun, suami Rina ini masih eksis di jagad dunia peran, sedangkan Rina harus fokus membesarkan bisnis EO-nya.

Awalnya Rina bergelut dalam bisnis EO karena permintaan Krisdayanti membantunya manage ulang tahun Aurel dan Azriel, ke dua putra dan putri Krisdayanti. Lalu, giliran Eko dan Viona menawarinya mengatur dan mengurusi pernikahannya. Selain alasan kegemaran dan kesenangannya berinteraksi dengan banyak orang, dan juga banyak rekan-rekan teman artisnya kesulitan dan kebingungan ketika hendak melangsungkan resepsi pernikahan, karena kesibukan syuting mereka dan kurangnya pengetahuan vendor pernikahan yang berkualitas. Dari pengalaman dan alasan inilah memantapkannya segera membangun bisnis EO.  

Akhirnya pada tahun 2000, Rina Gunawan Wedding & Event Organizer resmi berdiri. Yang target marketnya khusus pada jasa hiburan (showbiz entertainment) dan Event Organizer & Wedding Organizer serta melayani kids party.

Bukti prestasi Rina di bawah naungan perusahaan bisnisnya: Rina Gunawan Wedding & Event Organizer diantaranya: pernikahan Bunga Citra Lestari & Ashraff Sinclair, Eko Patrio, Nico Siahaan, Dina Lorenza, Marshanda, Fery Maryadi, Monica Oemardi, Ussy Sulistiawaty, dan birthday party Alissa Soebandono, penyanyi dangdut Kristina, bahkan menghandle launching produk Simas Margarin, Komatsua€ dll.

***

Itulah Rina Gunawan, kejeliannya dalam melihat peluang bisnis dalam pergaulan dengan teman-temannya di dunia hiburan Indonesia menempatkan Rina sebagai pebisnis EO yang patut menginspirasi kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar