Senin, 05 Mei 2014

Bob Foster Dengan Ganesha Operation-nya



Saya sering menyaksikan keponakan selalu membawa textbook bila hendak pergi ke sekolah, setiap materi pelajaran memiliki textbook masing-masing. Sehingga, text book yang ia bawa di dalam tas tersebut bila digendong terasa berat dan membebani. Namun, hal itu bukan masalah baginya. Yang penting text book tersebut bisa mendukung kemampuannya belajar di sekolah. 

Dan text book tersebut setiap semester harus ia beli dan miliki, karena tiap semester materi pembelajaran berbeda. Mengakibatkan cost pendidikan mahal. Tapi bagi yang mampu membelinya, bukan masalah. Sebaliknya bagi yang kurang mampu, upaya meminjam dari teman atau pergi keperpustakaan adalah langganan. Dan saya sendiri, salah satu tipikel yang paling senang pergi ke perpustakaan, duduk seharian melahap berbagai macam buku. 

Namun, ada juga untuk menunjang penguasaan materi pembelajaran di sekolah yaitu dengan mendaftarkan diri di sebuah lembaga kursusan yang tersebar luas hampir di sekolah-sekolah. Salah satu lembaga kursusan yang paling banyak diminati adalah Ganesha Operation. Kelebihan lembaga kursusan ini, sebagaimana ungkap keponakanku yang sekarang duduk di bangku MA dan sudah setengah tahun bergabung dengan GO, karena metode penyampaian materi pembelajarannya asyik dan menyenangkan ditunjang dengan rumus cepat mudah untuk dimengerti.

Ungkapan keponakanku ini membakar keingintahuan saya tentang sepak terjang siapa orang dibalik berdirinya GO, sehingga lembaga ini diminati oleh pelajar-pelajar sekolah dan bisa mendulang keuntungan secara bisnis?
   
***

Ialah Pdt. DR. Ir. Bob Foster, M.M, dilahirkan Pematang Siantar, tanggal 6 Januari 1958 otak dibalik berdirinya GO. Bisnis jasa kursusan yang ia jalankan telah menyebar, mengepakkan sayapnya di kota-kota besar di wilayah Indonesia.  

Mencapai level ini bukan perkara mudah layaknya kita membalikkan telapak tangan. Perlu kesabaran, keuletan, konsistensi, kreativitas dan inovasi yang ekstra. GO yang berdiri pada 1 Mei 1984 di Bandung ini awalnya hanya merambah pada program materi belajar kelas 3 SMU yang fokus menghadapi saringan masuk PTN dan kelulusan sekolah, tapi kini semua jenjang kelas di sekolah baik untuk meningkatkan prestasi belajar dan masuk PTN mulai dari SD, SMP dan SMA telah GO rambah juga.

Awal masa berdiri GO hingga tahun 1992, GO masih berkutat di Bandung. Menginjak tahun berikutnya, tahun 1993, cabang GO yang pertama dibuka dan diresmikan di Denpasar, Bali. Dua tahun berikutnya, tahun 1995, GO mengalami perkembangan yang sangat signifikan hingga cabang-cabang GO menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, dengan jumlah siswa mencapai ribuan. 

Fakta tersebut membuktikan GO pantas memperoleh hasil seperti saat ini. Karena memperoleh pengakuan dari konsumen bukan perkara mudah, terutama dalam bisnis jasa pendidikan yang memiliki saingan yang super ketat. Pastinya keberhasilan Bob Foster dalam menggawangi GO tidak lepas dari pemahaman dalam menerapkan unsur penting suksesnya proses belajar-mengajar yang diantaranya: pengajar yang berkualitas, materi pelajaran yang relevan, metodologi pengajaran, teknologi dan informasi yang up to date. Standart-standart inilah yang terus GO tekankan dalam menjalankan bisnis jasa pendidikannya.   

Dengan Motto ‘The King of the Fastest Solution’, GO selalu mempelopori penemuan rumus-rumus sakti seperti metode the king, chungking, tepis dan metode lainnya; yang memudahkan siswanya menyelesaikan berbagai macam soal-soal yang diujikan. Metode ini lah menempatkan GO sebagai lembaga kursusan yang diminati para pelajar di sekolah.

Capaian siswa GO selalu mengukir prestasi di sekolah dan banyaknya lulusan GO yang berhasil diterima di perguruan-perguruan tinggi negeri nasional dan selama empat tahun berturut-turut ini GO sukses menorehkan tinta emas ‘juara UN seluruh Indonesia’. Karena materi yang disampaikan mengarah pada kesuksesan siswa untuk diterima PTN favorit, sebagaimana juga yang buku-buku ajar terutama Fisika yang ditulis Bob Foster berisi uraian dan soal-soal yang mengarah pada soal-soal ujian masuk PTN. Sehingga, GO selalu menjadi market leader lembaga kursusan yang sedang naik daun saat ini.

Prinsip bisnis yang diterapkan Bob Foster di GO adalah aplikasi manajemen ala modern berlandaskan filosofi nilai etika dalam pendidikan, dengan kualitas pelayanan pendidikan yang unggul. Siswa selaku objek market harus diberikan kepuasaan setiap apa yang mereka inginkan. Sehingga, istilah student satisfaction selalu dijunjung tinggi oleh GO.

Sehingga, pantaslah GO mendapat penghargaan TOP BRAND sebagai bimbel terpopuler di Indonesia, dan pada tanggal 23 Oktober 2013 bertepatan peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) di halaman gedung Kesenian Kabupaten Bogor, Direktur Utama GO: Dr.Ir.Bob Foster, M.M. memperoleh ‘trophy dan penghargaan’ dari kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Lalu GO juga memperoleh penghargaan sebagai Masyarakat Berprestasi dari Pemerintah pada peringatan Hari Kemerdekaan RI di Gedung Sate, Bandung, penghargaan langsung diserahkan oleh Ahmad Heryawan selaku Gubernur Jawa Barat.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar