…The Client Is The King, and The
King Can Do No Wrong. Kalimat dalam bahasa Inggris penuh sarat makna ini,
adalah prinsip bisnis yang dipegang teguh oleh Adhi Tirtawisata, the Big
Bos of Panorama Leisure Group. Dan prinsip ini pun banyak menginspirasi
pebisnis di bidang lainnya di Indonesia untuk menerapkannya dalam manajemen perusahaan yang mereka kelola.
Tak ayal kerajaan bisnis yang Adhi Tirtawisata bangun kini
telah menunai hasil optimal. Yang terus berekspansi ke sektor Tourism, Transportasi, Hotel, Investasi dan Properti di bawah bendera Panorama
Leisure Group.
Sepak terjang bisnis Adhi Tirtawisata berawal dari bisnis
perjalanan wisata atau travel agent yang merupakan bagian dari sektor bisnis jasa yang lebih
mengedepankan personal image dalam rangka membentuk company image di hati
klien. Alur dasarnya memiliki keterkaitan kuat dengan wilayah pendukung
lainnya, yakni bisnis hotel atau penginapan, karena bisnis perjalanan wisata
tidak lepas dari yang namanya hotel atau penginapan. Dukungan klien pun tak
bisa lepas dari transportasi yang merupakan bagian vital layanan berwisata.
Keterkaitan antara satu sektor wliayah bisnis dengan lainnya adalah dalam
rangka menerapkan prinsip yang telah ia pegang teguh.
Alasan inilah yang melandasi bisnis Adhi Tirtawisata
menggurita, merambah sektor wilayah lain yang hakekatnya masih memiliki
hubungan dan keterkaitan saling menguntungkan dan memberikan manfaat antara
satu sektor bisnis dengan yang lainnya.
Buah kinerja keras Adi Titrawisata ini tidak dibangun dalam
waktu singkat. Perlu komitmen dalam menjalankan roda bisnisnya, yaitu komitmen
dalam menjalankan sebuah prinsip bisnis bahwa klien adalah raja, yang harus
dilayani sebaik mungkin, tanpa ada cacat dan kesalahan. Pelayan dalam struktur
kerjaan harus rela mengabdi dan berbakti melayani rajanya, membuat raja senang
dan nyaman. Karena, simbol raja adalah kekuasaan dan kekuatan baik dari segi apapun:
uang, kekayaan, pengaruh, dan lainnya. Hubungan hirarkis antara raja dan
pelayanan menciptakan sebuah paduan logis yang berkembang dalam bisnis baik itu
jasa maupun non jasa. Karena, relasi dengan klien yang baik adalah langkah
mendatangkan klien‑klien baru yang menguntungkan.
Faktanya, bila klien atau konsumen merasa nyaman dan puas
dengan hasil pelayanan bisnis yang kita berikan, brand image bisnis kita akan memreflesikkan
citra positif. Klien atau konsumen tidak hanya akan kembali menggunakan jasa
atau produk bisnis kita saja, tapi dengan ikhlas mereka akan mereferensikan
bisnis yang kita jalankan kepada keluarganya atau teman‑temannya. Sebaliknya,
jika kilen atau konsumen tidak puas dengan servis yang kita berikan, jaminan
mereka akan tidak kembali lagi, dan lebih celakanya bila mereka menguaknya
kepada orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar