Minggu, 25 Mei 2014

Prinsip Bisnis Adhi Tirtawisata: Klien Adalah Raja


…The Client Is The King, and The King Can Do No Wrong. Kalimat dalam bahasa Inggris penuh sarat makna ini, adalah prinsip bisnis yang dipegang teguh oleh Adhi Tirtawisata, the Big Bos of Panorama Leisure Group. Dan prinsip ini pun banyak menginspirasi pebisnis di bidang lainnya di Indonesia untuk menerapkannya dalam manajemen perusahaan yang mereka kelola. 

Tak ayal kerajaan bisnis yang Adhi Tirtawisata bangun kini telah menunai hasil optimal. Yang terus berekspansi ke sektor Tourism, Transportasi, Hotel, Investasi dan Properti di bawah bendera Panorama Leisure Group.

Sepak terjang bisnis Adhi Tirtawisata berawal dari bisnis perjalanan wisata atau travel agent yang merupakan bagian dari sektor bisnis jasa yang lebih mengedepankan personal image dalam rangka membentuk company image di hati klien. Alur dasarnya memiliki keterkaitan kuat dengan wilayah pendukung lainnya, yakni bisnis hotel atau penginapan, karena bisnis perjalanan wisata tidak lepas dari yang namanya hotel atau penginapan. Dukungan klien pun tak bisa lepas dari transportasi yang merupakan bagian vital layanan berwisata. Keterkaitan antara satu sektor wliayah bisnis dengan lainnya adalah dalam rangka menerapkan prinsip yang telah ia pegang teguh. 

Alasan inilah yang melandasi bisnis Adhi Tirtawisata menggurita, merambah sektor wilayah lain yang hakekatnya masih memiliki hubungan dan keterkaitan saling menguntungkan dan memberikan manfaat antara satu sektor bisnis dengan yang lainnya. 

Buah kinerja keras Adi Titrawisata ini tidak dibangun dalam waktu singkat. Perlu komitmen dalam menjalankan roda bisnisnya, yaitu komitmen dalam menjalankan sebuah prinsip bisnis bahwa klien adalah raja, yang harus dilayani sebaik mungkin, tanpa ada cacat dan kesalahan. Pelayan dalam struktur kerjaan harus rela mengabdi dan berbakti melayani rajanya, membuat raja senang dan nyaman. Karena, simbol raja adalah kekuasaan dan kekuatan baik dari segi apapun: uang, kekayaan, pengaruh, dan lainnya. Hubungan hirarkis antara raja dan pelayanan menciptakan sebuah paduan logis yang berkembang dalam bisnis baik itu jasa maupun non jasa. Karena, relasi dengan klien yang baik adalah langkah mendatangkan klien‑klien baru yang menguntungkan. 

Faktanya, bila klien atau konsumen merasa nyaman dan puas dengan hasil pelayanan bisnis yang kita berikan, brand image bisnis kita akan memreflesikkan citra positif. Klien atau konsumen tidak hanya akan kembali menggunakan jasa atau produk bisnis kita saja, tapi dengan ikhlas mereka akan mereferensikan bisnis yang kita jalankan kepada keluarganya atau teman‑temannya. Sebaliknya, jika kilen atau konsumen tidak puas dengan servis yang kita berikan, jaminan mereka akan tidak kembali lagi, dan lebih celakanya bila mereka menguaknya kepada orang lain. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar